Kamera Analog Ricoh GX 1


Setelah sekian lama tertunda akhirnya bisa hunting dengan kamera analog Ricoh GX 1 hasil pemberian ayah.
Setelah mencari-cari di internet barulah saya tahu bahwa kamera tersebut adalah kamera rangefinder. Kelebihan kaera rangefinder adalah bobotnya yang ringan dan bentuknya yang ringkas namun sulit untuk mencari focus. Pertama kali mencoba saya sempat kebingungan mencari focus, karena menyatukan titik kuning yang terlihat di viewvinder dengan memutar-mutar ring focus di linsa. Maklum ini adalah pengalaman pertama saya memotret dengan kamera analog. Shutter speed dan besaran diafragma saya setel memakai felling, meskipun sudah tahu teorinya tapi ini adalah pertama kali saya mempraktekannya. Berikut adalah wujud Ricoh GX 1 saya :











Bentuknya lumayan klasik dan saya langsung menyukainya.
Dan inilah hasilnya jepretan saya memakai Ricoh GX 1 dan film Superia 200





  


Saya memotret ketika jalan-jalan ke Solo dan Museum Sangiran. Ternyata masih harus banyak belajar, tetapi tidak apa karena saya menikmati di setiap jepretan, ini baru cerita awal dan masih akan berlanjut, cayooo hidup analog !!!


6 komentar:

  1. sebenarnya di kamera ini ada pengaturan warna tidak? maaf saya masih awam dengan kamera analog :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengaturan warna gimana mas ? kalau soal hitam putih atau warna itu tergantung film yang dipakai

      Hapus
  2. untuk ngatur diafragma dan speednya darimana mas?
    saya juga punya dirumah yg kayak gini, tapi gak tau cara pakenya gimana :(

    BalasHapus
  3. Itu baterai nya pake yang berapa volt mas?
    Mekanikal oke...
    Saya udah coba beli yang pas ukurannya tapi koq kayak gak fungsi ya, lihat dari filmnya gak nampak apa2...
    Masih puyeng saya pake ini kamera... :(

    BalasHapus
  4. Biasanya batere hanya digunakan untuk lightmeter aja... tanpa baterepun kamera ini tetep fungsi...

    BalasHapus
  5. Kamera ricoh keluaran taun berapa ya bg

    BalasHapus

 

Blog Archive

Label

Pengikut

Pengunjung