Membuat Kamera Lubang Jarum Sederhana

Mungkin terdengar asing di telinga kita, apa itu kamera lubang jarum ? apakah ini kamera jenis terbaru ? atau kamera yang lubangnya sebesar lubang jarum ?.  Kamera Lubang Jarum bukanlah jenis kamera terbaru, melainkan jenis kamera yang pertama di dunia.  Kamera Lubang Jarum adalah kamera yang paling sederhana, dinamai demikian karena memang  lubangnya sebesar jarum. Sangking sederhananya Kamera Lubang Jarum dapat kita buat sendiri. Kamera ini tidak membutuhkan lensa apalagi baterai. Kamera Lubang Jarum bisa di buat dari barang-barang bekas, sehingga ramah lingkungan. Soal kualitas jangan ditanya, karena ini kamera yang sederhana hasilnyapun apa adanya, tapi mempunyai nilai seni tersendiri. Untuk foto hitam putih medianya adalah kertas foto, sedangkan untuk yang berwana menggunakan film. Tidak usah berlama-lama, mari kita coba
membuatnya. Siapkan bahan-bahnnya, kita akan membuat yang warna :
  • Kotak korek api!
  • Roll film baru. Jenis apa pun, tapi untuk hasil yang terbaik gunakan ASA 100 atau 200.
  • Roll film bekas, yang masih sisa sedikitnya 1cm. Anda bisa memintanya ke tempa cuci film.
  • Kaleng minuman kosong
  • Selotip
  • Binder buku plastik, atau sepotong kecil plastik melengkung
  • Jarum
  • Gunting
  • Penggaris
  • Pisau
  • Spidol Hitam
Bahan-bahan tersebut bukanlah sebuah keharusan, Anda bisa menggantinya dengan barang-barng lain yang fungsinya sama.

Membuat Kamera

Ambil kotak korek api bagian dalam, buatlah sebuah persegi dengan ukuran 24mm x 24mm dengan spidol. Anda juga bisa membuatnya dengan ukuran standar yaitu 36mm x 24mm. Jumlah gambar yang dapat diambil akan lebih banyak jika Anda menggunakan ukuran 24mm x 24mm namun ukurannya akan lebih kecil dan kotak, bukan persegi panjang seperti standarnya. Usahakan agar tepat di tengah-tengah. Kemudian potong menggunakan pisau. Hati-hatilah dalam memotong, buat tepinya serapi mungkin, ini akan menjadi tepi dari foto Anda nanti, jika Anda suka Anda bisa membuatnya tetap berantakan atau membuat motif sesuai dengan keinginan Anda.
clip_image003
Untuk mengurangi refleksi cahaya di dalam kamera, warnai di bagian dalam kotak clip_image005
dengan warna hitam menggunakan spidol.
clip_image006
Coba juga warnai bagian depan kotak korek api.
Kemudian buatlah lubang dengan ukuran 6mm x 6mm tepat di bagian depan kotak korek api yang telah di warnai dan usahakan agar tepat ditengah.
clip_image007

Membuat Lubang Jarum

Potong kaleng minuman dan buat sebuah potongan dengan ukuran 15mm x 15mm. Kemudian lubangi dengan jarum dengan menekannya ke potongan kaleng secara perlahan, agar lubang yang di hasikan rapi. Jika ada, amplaslah terlabih dahulu, supaya lebih rapi.
clip_image009
Diameter lubang jarum ideal adalah 0.2mm, lebih kecil lebih baik karena akan membuat gambar menjadi lebih tajam.
clip_image011
Warnai bagian belakang potongan dengan spidol, sekali lagi ini akan membantu mengurangi refleksi cahaya di dalam kamera
clip_image012
Tempatkan potongan ke kotak sehingga lubang jarum tepat di tengah lubang persegi di atas kotak.
clip_image013
Kemudian beri selotip
clip_image014

Membuat Shutter

Buat 2 potongan kertas seperti pada gambar, satu dengan ukuran 32mm x 32mm dan di beri lubang di tengahnya dan yang satu lagi dengan ukuran 25mm x 40mm. Bisa di sesuaikan dengan kebutuhan.
clip_image015
Beri selotip di tiap-tiap potongan kertas, ya tujuannya agar tidak ada cahaya lain yang masuk
clip_image016
Tempatkan potongan yang berlubang ke atas lubang jarum dan beri selotip namun buatlah sebuah celah agar potongan yang satunya bisa di sisipkan untuk menutupi lubang jarum. Sesuaikan denlah seperti pada gambar.
clip_image017
Cobalah, apakah berkerja dengan baik, dengan menarik dan menyisipkan kembali shutternya.
clip_image018
Membuat Penanda Bunyi Klik (Clicker )
Membuat clicker cukup rumit, karena ini menentukan seberapa panjang film yang di gunakan. Anda membutuhak sebuah plastic plastik yang cukup kaku dan tipis, kenyal dan melengkung. Kali ini kita akan membuatnya dengan binder buku yang terbuat dari plastic. Ambil satu potongan dengan menggunakan gunting ( sesuai dengan gambar )
clip_image019
clip_image020
Ambil Roll film baru. Tempatkan ujung binder dari plastik sehingga memasuki salah satu lubang film.
clip_image021
Kemudian beri selotip dengan kencang. Uji terlebih dahulu denagn menarik film apakah melwati clicker dengan baik dan membuat bunyi klik. Jika tidak sesuaikanlah agar ketika film di tarik maka lubang film berjalan di atas clicker dengan lembut.
clip_image022

Memasukan Film ke Dalam Kamera.

Pertama, potong film paling ujung yang bentuknya kurang lengkap.
clip_image023
Tarik keluar film yang lebih sedikit dan masukan film melalui kotak korek api, pastikan sisi emulsi (sisi non-mengkilap ) menghadap ke lubang jarum
clip_image024
Gunakan sedikit selotip transparan dan tipis untuk menyambung ujung film baru dengan ujung film bekas serapi mungkin. Cobalah untuk memastikan film masuk ke dalam roll film bekas dengan baik. Selotip haris kuat namun rapi, untuk mencagah sambungan lepas atau macet.
clip_image025
Masukan kotak korek api bagian dalam ke tempatnya sesuai gambar.
clip_image026
Putar sedikit poros dari caniser film yang kosong sehingga film yang kendur menjadi kencang dan masuk ke dalam roll film bekas. Lihatlah di tiap-tiap sudut, jangan sampai ada film yang terlihat.
clip_image027
Film sudah masuk dengan baik tapi masih perlu dibuat agar tidak ada cahaya yang masuk sedikitpun atau lightprooft.
clip_image028

Lightproofing

Jika Anda ingin gambar yang dihasilkan tajam dan jelas Anda harus membuat kamera menjadi lightproft. Gunakanlah selotip untuk menutup tiap-tiap sudut kamera.
clip_image029
Perhatikan juga bagian atas kamera
clip_image030
Karton kotak korek api juga dapat mennimbulkankebocoran dengan cahaya yang kecil, terutama dalam kondisi terang. Namun ini akan memberikan foto Anda efek berbintik-bintik merah. Jika Anda tidak ingin ini terjadi seluruh bagian belakang dan sisi kotak kardus harus di tutup dengan selotip.
clip_image031

Membuat Pemutar film

Untuk memudahkan dalam memutar film buatlah sebuah pemutar atau winder. Di sini Kita menggunakan tutup kaleng radi Anda bisa menggunakan plastik, kayu atau apa saja yang dapat digunakan untuk memutar roll film.
clip_image032



Kamera selesai dibuat dan sekarang siap untuk digunakan.

Menggunakan Kamera

Cara menggunakannya adalah putar winder dan dengarkan sampai berbunyi klik sebanyak 7 kali jika Anda membuat lubang persegi yang ada di dalam dengan ukuran 24mm x 24mm, dan 9 kali klik jika Anda membuat lubang persegi tersebut dengan ukuran 36mm x 24mm. Kemudian putar lagi sebanyak 7 atau 9 kali jika mau mengambil gambar lagi. Sesuaikan lama pengambilan gambar dengan keadaan cahaya sekitar, yaitu :
  • Di luar, dan kondisi cerah : 1 atau 2 detik
  • Di luar, dan kondisi mendung : 5 detik
  • Dalam ruangan,dengan pencahayaan normal : 5 – 10 detik
Ketika Winder tidak dapat lagi di putar berarti film sudah habis, makasaatnya untuk membongkar film. Hati-hatilah dalam membongkar kamera agar kamera dapat digunakan kembali. Bukalah di ruang gelap total agar foto yang terakhir bisa di gunakan, jika Anda membukanya di tempat maka film foto terakhir akan terkena cahaya dan hasilnya hitam atau istilahnya terbakar. Setelah di buka potong filmnnya namun jangan sampai habis agar roll film bekas tersebut dapat digunakan untuk membuar kamera lagi.
Setelah itu cucilah film di tempat pencucian film biasa, tidak usah di cetak Anda bisa men-scannya dan mencetak sendiri, ini akan lebih hemat. Oh ya bilang ke petugas yang mencuci kalo fotonya di buat dengan kamera lubang jarum, karena mungkin jarak antar foto tidak teratur.

Hasil Foto dari Kamera Lubang Jarum
clip_image035
clip_image036
Memang tidak terlalu bagus, namun mempunyai ni seni tersendiri.
Selamat Mencobanya
Sumber : http://www.matchboxpinhole.com/

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Label

Pengikut

Pengunjung